Pendidikan


Pendidikan Karakter: Sedemikian Pentingkah, dan Apa yang Harus Kita Lakukan?

Istilah karakter sama sekali bukan satu hal yang baru bagi kita. Ir. Soekarno, salah seorang pendiri republik kita tercinta Indonesia, telah menyatakan tentang pentingnya “nation and character building” bagi negara yang baru merdeka yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.


MENJADI GURU PROFESIONAL DI ERA KOMPLEKSITAS DAN CHAOS

Dunia semakin lama semakin berkembang. Berbagai tuntutan dan permasalahan manusia yang semakin kompleks. Dengan kompleksitas persoalan yang kita hadapi sehingga mempersulit bagi kita untuk melangkah, kita harus memulai dari mana untuk membenahinya?

Kita dapat memahami bahwa setiap system yang ada memiliki identitas yang berbeda yang terus menerus berproduksi dalam komunikasinya dan ia tergantung dari apa yang ia anggap bermakna dan mana yang tidak bermakna. Jika sebuah system gagal memelihara identitas tersebut, maka ia tak lagi menjadi system, dan kembali  menjadi lingkungan dimana ia berada. Luhmann menyebut proses ini sebagai proses reproduksi dari elemen suatu lingkungan yang telah demikian kompleks. Menurut Luhmann, system sosial mereproduksi dirinya sendiri secara tertutup, dimana mereka menggunakan dan bergantung pada sumber yang ada di lingkungan mereka.


Artikel Pendidikan Lain :