TRIK MAGIC / SULAP


Oleh : Dr. M. Sobry Sutikno


Magic/sulap merupakan bentuk seni pertunjukan. Magic/Sulap semata-mata hanyalah permainan “kelihaian” tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu perlengkapan/peralatan ataupun efek yang timbul dari suatu reaksi kimia dan yang telah dilatih sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertunjukkan kepada orang lain.

Pada kenyataan, trik sulap banyak dikira oleh sebagian orang sebagai sesuatu yang mistis dan juga mengandung unsur-unsur dengan kekuatan gaib/ilmu hitam, seolah-olah hanya dapat dilakukan oleh orang-orang dengan kemampuan khusus. Apakah hal ini benar? Tentu saja tidak. Setiap orang bisa melakukan pertunjukkan sulap sederhana, dengan peralatan sehari-hari yang mudah didapat, dan hasilnya juga mampu membuat orang lain terheran-heran dan mendecakkan lidah.

Secara garis besar, seni magic/sulap itu dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

1.      Sulap yang dapat ditonton dari jarak dekat (Close Up Magic). Bentuk sulap jarak dekat ini dapat dilakukan di mana saja. Pesulap yang memainkannya seolah-olah tidak ada batas atau jarak sudut pandang dengan penontonnya;

2.      Sulap untuk konsumsi panggung (Stage); sulap yang dilakukan pada acara-acara tertentu atau acara-acara besar dan dilakukan di panggung atau di ruangan khusus. Sulap seperti ini mempunyai jumlah penonton yang lebih banyak. Efek yang dihasilkan lebih besar dari Close Up Magic. Pada umumnya menggunakan alat2 sulap yang cukup besar agar jelas terlihat oleh penonton.

 

Lebih rinci, ada beberapa trik magic/sulap yang kita kenal, di antaranya:

1.      Trik Close Up

Adalah trik memainkan magic/sulap dimana penonton bisa berhadapan langsung dengan magician/pesulap (jarak dekat).

2.      Trik Mentalis

Adalah Kemahiran yang merupakan kekuatan spesial untuk dapat memprediksi, menemukan, mengubah, menggerakkan, dll, suatu benda. Sering kali berdasarkan prinsip matematik, fisika, kimia, psikologis dan dapat dijelaskan secara logis.

3.      Trik Kartu/ Cardician

Adalah Kemahiran memainkan kartu untuk dapat menemukan kartu yang dipilih, menghilangkan kartu, mengubah kartu, dll.

4.      Trik Ilusi

Ilusi, merupakan kemahiran menggunakan peralatan ilusi untuk membuat sesuatu yang mustahil seolah2 benar terjadi.

5.      Trik Fakir

6.      Trik Stage

dll

 


Artikel Lain :